Memberikan asuhan pasien merupakan upaya yang kompleks dan sangat bergantung pada komunikasi. Komunikasi tersebut adalah kepada komunitas, pasien, dan keluarganya serta antar staf klinis, terutama Profesional Pemberi Asuhan (PPA). Kegagalan dalam berkomunikasi merupakan salah satu akar masalah yang paling sering menyebabkan insiden keselamatan pasien. Edukasi pada pasien dan keluarga diberikan oleh staf klinis terutama PPA yang sudah terlah (dokter, Perawat, nutrisionis, rehab medik dan farmasi) mengingat banyak profesi yang terlibat dalam edukasi pasien dan keluarga maka perlu koordinasi kegiatan dan focus pada kebutuhan edukasi pasien. Edukasi efekf dilakukaan sesuai dengan pilihan pembelajaran dan mempermbangkan agama, nilai budaya, kemampuaan membaca serta bahasa. Edukasi akan berdampak posif bila diberikan selama proses asuhan. Akreditasi HPK, SKP, MKE, PAP, ARK, MIRM, APT, TKRS, PAB danbab lain yang terkait komunikasi, edukasi, informasi pada seap proses asuhan untuk staf mendapatkan pelahan dengan dibukkan adanya serfika